RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah : MTs NEGERI
11 JOMBANG
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX/Ganjil
Materi
Pokok : Perpangkatan
dan Bentuk Akar
Alokasi
Waktu : 9 pertemuan (22 JP),@ 40 Menit
A. Tujuan
Pembelajaran
Melalui
proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi dan mengkomunikasikan
hasil mengolah informasi dalam penugasan individu dan kelompok siswa dapat
Pertemuan ke- 1:
1.
Menjelaskan
konsep bilangan berpangkat.
2.
Menggunakan
notasi pangkat.
Pertemuan
ke-2:
1.
Menjelaskan
manfaat bilangan berpangkat.
2.
Menyatakan
perpangkatan dalam bentuk biasa.
Pertemuan ke-3:
1.
Mengidentifikasi
perkalian pada bilangan berpangkat.
2.
Mengalikan
perpangkatan dengan basis yang sama.
3.
Memangkatkan
suatu perpangkatan.
Pertemuan ke-4:
1.
Memangkatkan
suatu perkalian bilangan.
Pertemuan ke-5:
1.
Mengidentifikasi
pembagian dua bilangan berpangkat dengan basis yang sama.
2.
Membandingkan
volume suatu bangun ruang.
Pertemuan ke-6:
1.
Menjelaskan
pengertian notasi ilmiah.
2.
Mengubah
bentuk biasa ke notasi ilmiah atau sebaliknya.
Pertemuan ke-7:
1.
Mengidentifikasi
pangkat bilangan pecahan.
Pertemuan ke-8:
1.
Mendapatkan
sisi kubus
2.
Menghitung
bentuk pangkat pecahan
Pertemuan ke-9:
1.
Merasionalkan
bentuk akar.
B. Kompetensi
Inti
1.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
2.
Mencoba, mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di madrasah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
C. Kompetensi
Dasar
3.1
Memahami sifat-sifat bilangan
berpangkat dan bentuk akar dalam suatu permasalahan.
3.2
Memahami operasi aljabar yang
melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar.
4.3
Menyelesaikan permasalahan dengan
menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan berbagai teknik manipulasi
aljabar dan aritmatika.
D. Indikator
3.1.1 Mengidentifikasi
konsep bilangan berpangkat
3.1.2 Mengidentifikasi
notasi bilangan berpangkat
3.1.3
Memahami
cara menentukan nilai perpangkatan
3.1.4
Memahami
pengertian notasi ilmiah (bentuk baku)
3.1.5
Mengidentifikasi
Pangkat bilangan pecahan
3.2.1
Mengidentifikasi
perkalian pada perpangkatan dengan basis yang sama
3.2.2
Mengidentifikasi
perkalian perpangkatan pada bilangan berpangkat
3.2.3
Mengidentifikasi
pembagian dua bilangan berpangkat dengan basis yang sama.
3.2.4
Merasionalkan
bentuk akar
4.3.1
Menghitung
nilai perpangkatan suatu bilangan
4.3.2
Menyelesaikan
permasalahan nyata yang berhubungan dengan perpangkatan dan operasi matematika.
4.3.3
Menggunakan
bentuk baku untuk menuliskan bilangan yang sangat besar dan bilangan yang sangat kecil.
0 komentar:
Posting Komentar