Workshop Sagusablog Lanjutan kelas 49-R

Senin, 19 Oktober 2020

RPP MATEMATIKA PERPANGKATAN DAN BENTUK AKAR KELAS IX

DI bawah ini RPP matematika kelas IX...



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

 

Madrasah                                   :  MTs NEGERI 11 JOMBANG

Mata Pelajaran                           : Matematika

Kelas/Semester                           : IX/Ganjil

Materi Pokok                               :  Perpangkatan dan Bentuk Akar

Alokasi Waktu                           :  9 pertemuan (22 JP),@ 40 Menit

 

A.   Tujuan Pembelajaran

Melalui proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi dan mengkomunikasikan hasil mengolah informasi dalam penugasan individu dan kelompok siswa dapat

Pertemuan ke- 1:

1.       Menjelaskan konsep bilangan berpangkat.

2.       Menggunakan notasi pangkat.

Pertemuan ke-2:

1.       Menjelaskan manfaat bilangan berpangkat.

2.       Menyatakan perpangkatan dalam bentuk biasa.

Pertemuan ke-3:

1.       Mengidentifikasi perkalian pada bilangan berpangkat.

2.       Mengalikan perpangkatan dengan basis yang sama.

3.       Memangkatkan suatu perpangkatan.

Pertemuan ke-4:

1.       Memangkatkan suatu perkalian bilangan.

Pertemuan ke-5:

1.       Mengidentifikasi pembagian dua bilangan berpangkat dengan basis yang sama.

2.       Membandingkan volume suatu bangun ruang.

Pertemuan ke-6:

1.       Menjelaskan pengertian notasi ilmiah.

2.       Mengubah bentuk biasa ke notasi ilmiah atau sebaliknya.

Pertemuan ke-7:

1.       Mengidentifikasi pangkat bilangan pecahan.

Pertemuan ke-8:

1.       Mendapatkan sisi kubus

2.       Menghitung bentuk pangkat pecahan

Pertemuan ke-9:

1.       Merasionalkan bentuk akar.

 

B.   Kompetensi Inti

1.       Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

2.       Mencoba,  mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di madrasah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

 

C.   Kompetensi Dasar

3.1        Memahami sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar dalam suatu permasalahan.

3.2        Memahami operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar.

4.3        Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan berbagai teknik manipulasi aljabar dan aritmatika.

 

 

D.   Indikator

3.1.1     Mengidentifikasi konsep bilangan berpangkat

3.1.2     Mengidentifikasi notasi bilangan berpangkat

3.1.3     Memahami cara menentukan nilai perpangkatan

3.1.4     Memahami pengertian notasi ilmiah (bentuk baku)

3.1.5     Mengidentifikasi Pangkat bilangan pecahan

3.2.1     Mengidentifikasi perkalian pada perpangkatan dengan basis yang sama

3.2.2     Mengidentifikasi perkalian perpangkatan pada bilangan berpangkat

3.2.3     Mengidentifikasi pembagian dua bilangan berpangkat dengan basis yang sama.

3.2.4     Merasionalkan bentuk akar

4.3.1     Menghitung nilai perpangkatan suatu bilangan

4.3.2     Menyelesaikan permasalahan nyata yang berhubungan dengan perpangkatan dan operasi  matematika.

4.3.3     Menggunakan bentuk baku untuk menuliskan bilangan yang sangat besar dan bilangan yang  sangat kecil.


0 komentar:

Posting Komentar